Siapa yang tidak butuh
makan? Semua orang butuh makan. Rutin setiap hari orang akan terus melakukan
aktifitas ini. Maka tidak mungkin peluang bisnis
ini akan surut. Jika hari ini menu makanan kita adalah makanan laut, maka tidak
mungkin besok kita masih ingin makan makanan laut lagi. Bahkan, kalau sarapan
kita adalah bubur ayam, tidak mungkin saat makan siang nanti kita masih ingin
makan bubur ayam.
Inilah uniknya bisnis
ini. Kita akan mengambil satu dari sekian banyak pilihan. Ada jutaan menu
makanan, dan kita harus memilih beberapa untuk kita jual. Pilihan kita akan
menentukan nasib bisnis kita.
Riset
Maka kita harus
melakukan riset target pasar terlebih dahulu. Tidak mungkin kita menjual
makanan hanya berdasarkan selera kita. Kita harus menyesuaikanya dengan selera
pasar dengan melakukan riset.
Riset sederhana dapat
kita lakukan dengan datang ke rumah makan atau restoran yang paling laris di
daerah kita. Amati menu yang ditawarkan, rasakan cita rasanya, amati
tampilanya, bahkan hitung harganya.
Setelah mengetahui
selera pasar, waktunya menentukan menu. Buat menu yang unik. Buat nama yang
unik. Jangan sampai kita meniru sama persis dengan warung sebelah. Sedikit modifikasi
untuk membedakan keunikan sangat diperlukan. Ingat, bisnis kuliner termasuk usaha kreatif. Sehingga kreatifitas mutlak diperlukan.
Lokasi
Dalam menajajakan
makanan, kita butuh tempat yang strategis. Hal ini tentu saja biar dagangan kita
laku. Untuk bisa laku, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan orang
tahu kalau usaha kita itu ada. Real atau nyata. Tempat strategis akan membuat
orang mengetahui usaha kita dengan mudah.
Bayangkan usaha
kuliner kita itu berada di antara mall-mall, di lokasi wisata, atau dekat area
perkantoran. Maka siapa sih yang tidak akan membeli makanan kita? Lokasi-lokasi
tersebut tentu akan banyak orang lalu lalang. Setiap ada orang lalu lalang, salah
satu dari mereka pasti ada yang lapar. Atau setidaknya haus. Nah, di situlah
kita akan mendapat konsumen.
Pemasaran
Nah, untuk pemasaran
ini, sekarang kita tidak perlu pusing-pusing lagi memasarkan usaha kita. Kita
bisa memanfaatkan media internet dan media sosial yang lagi booming. Murah,
praktis dan efektif, itulah media sosial. Apalagi kalau lokasi kita di
perkotaan yang sudah ada begitu banyak ojek online, maka bisnis kuliner kita akan
dapat berkembang sesuai yang kita harapkan.
Inilah peluang bisnis
yang tidak akan ada matinya!
Comments