Skip to main content

Apa Yang Bisa Kita Lakukan Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas?


Apa Yang Bisa Kita Lakukan Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas?

Ini memang pertanyaan sederhana yang seharusnya mudah dijawab. Ya tentu saja jawabanya adalah kita menolong korban. Namun pertolongan seperti apa? Ini yang kemudian menjadi pertanyaan yang agak rumit untuk dijawab.

Pasalnya, kejadian kecelakaan lalu lintas biasanya terjadi begitu cepat dan tanpa diduga-duga. Sehingga siapapun yang saat itu berada di lokasi kejadian dan ingin menolong korban, dituntut untuk bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Sehingga pertolongan yang diberikan dapat maksimal dan dapat mencegah timbulnya lebih banyak korban.

Amati Situasi (Secepat Mungkin)

Ketika ingin menolong korban kecelakaan, tentu hal pertama yang paling penting adalah keselamatan Anda sendiri. Maka amati situasi dan selamatkan diri Anda terlebih dahulu baru setelah itu tolong korban kecelakaan. Hal ini untuk menghindari sekenario terburuk dari salah langkah dalam menolong korban kecelakaan seperti misalnya:
  1. Karena terburu-buru ingin menolong Anda memarkirkan kendaraan Anda secara sembarangan yang justru dapat memicu kecelakaan yang lain.
  2. Tanpa mengamati situasi terlebih dahulu Anda menuju lokasi kecelakaan adalah sangat berbahaya bagi diri Anda. Bukanya memberikan pertolongan, Anda malah bisa jadi korban berikutnya.
  3. Atau karena terburu-buru Anda kehilangan kewaspadaan terhadap barang-barang pribadi Anda yang hal ini bisa dimanfaatkan orang lain yang tidak bertanggung jawab.
n    Namun langkah ini juga harus dilakukan dengan bijak, artinya secepat mungkin agar pertolongan dapat diberikan tepat pada waktunya.


Fokus Pada Korban

Ketika kecelakaan terjadi, misalnya kendaraan sepeda motor dengan mobil bertabrakan dengan kecepatan tinggi, maka akan menghasilkan pemandangan visual yang menarik sekaligus mengerikan. Tidak jarang perhatian kita tertuju pada kendaraan yang saling bertubrukan tersebut ketimbang pada pengemudinya.

Maka terlebih dahulu kita harus fokus kepada korban. Abaikan kondisi kendaraan korban. Baru setelah korban dievakuasi kita bisa menolong kendaraan tersebut.

Ada juga tips menolong korban kecelakaan yang berjumlah banyak, ketika kita melihat banyak korban berjatuhan, fokuslah pada satu korban untuk ditolong. Segera putuskan Anda harus menolong siapa terlebih dahulu. Usahakan pilih korban yang paling membutuhkan pertolongan baru setelah itu yang lain. Jika ada penolong lain, bagilah tugas untuk mempercepat evakuasi.

Berikan Pertolongan Pertama

Dikutip dari WikiHow.com, ada 3 langkah pertolongan pertama yang efisien yang bisa kita lakukan:

  1. Periksa lingkungan sekitar. Evaluasi situasi yang ada. Apakah ada hal-hal yang dapat membahayakan Anda? Jangan memburu masuk ke situasi yang membahayakan Anda.
  2. Panggil bantuan. Segera hubungi pihak berwajib atau layanan darurat jika Anda yakin ada seseorang yang terluka parah. Jika hanya Anda satu-satunya orang yang ada di situ, cobalah memberi bantuan pernapasan kepada pasien sebelum mencari bantuan. Jangan meninggalkan korban sendirian dalam jangka waktu sangat lama.
  3. Berikan pertolongan pada korban. Menolong seseorang yang baru saja terkena trauma serius meliputi tindak perawatan fisik dan dukungan emosional. Ingatlah untuk tetap tenang dan menenangkan; beri tahu korban tahu bahwa bantuan segera datang dan bahwa segalanya akan baik-baik saja.
Selain itu ada juga tindakan yang harus kita hindari ketika menolong korban yang tidak sadarkan diri. Dikutip dari WikiHow:

  1. Jangan memberi makan atau minum orang pingsan. Ini akan membuatnya tersedak dan berpotensi tercekik.
  2. Jangan meninggalkan korban sendirian. Kecuali Anda memang benar-benar harus pergi mencari bantuan. Temani korban sampai bantuan atau petugas medis datang.
  3. Jangan menyangga kepala orang pingsan dengan bantal.
  4. Jangan menampar atau memerciki wajah orang pingsan dengan air. Itu cuma tipuan film.

Langkah pertolongan pertama jika ada korban patah tulang. Dikutip dari WikiHow:

  1. Pastikan wilayah tulang yang patah tetap diam. Bagian dan wilayah tulang yang patah tidak boleh bergerak atau menyangga bagian tubuh mana pun.
  2. Kebaskan rasa sakitnya. Sering kali, ini dapat dilakukan dengan bongkahan es yang dibungkus handuk.
  3. Buatlah pembebat. Segulung koran dan selotip yang kuat sudah cukup untuk membuat ini. Jari yang patah, misalnya, dapat juga menggunakan jari di sebelahnya yang masih normal, sebagai pembebat.
  4. Buat jepitan kain, bila perlu. Ikat selembar kaus atau saring bantal di sekeliling lengan yang patah lalu kencangkan dan gantung ke sekitar bahu.

Tetaplah waspada selama memberikan pertolongan pada korban kecelakaan. Bagaimanapun keselamatan Anda pribadi lebih penting. Jika Anda selamat, maka Anda akan bisa menolong orang lebih banyak lagi.

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merebut Suami Orang

Suami orang lebih menarik? Kok kelihatanya enak banget ya kalau kita mempunyai suami seperti dia. Dia itu sudah ganteng, mapan, ramah lagi pada wanita. Wanita mana yang tidak tertarik coba? Sayangnya ada satu kendala untuk mendapatkan hatinya, yaitu istrinya. Maka kalau saya boleh berimajinasi, berikut adalah beberapa cara merebut suami orang ketika saya ingin jadi pelakor : Ketahui Kelemahan Istrinya Setiap orang pasti memiliki kekurangan dalam hidupnya. Maka kalau kita melihat ada wanita berparas cantik, seksi dan tubuhnya ideal, biasanya dia kurang pintar, tidak bisa memasak, pemalas dan sebagainya. Selalu ada kekurangan. Maka kalau ingin merebut suami orang, saya akan mencari dulu kelemahan dari si istri target saya. Lalu saya cari kelemahan itu yang kira-kira dapat saya atasi, atau menjadi kelebihan saya. Misalnya nih, istrinya target tidak pandai memasak, saya akan tunjukan kemampuan memasak saya di depan target. Kalau perlu kritik pedas masakan istrinya. H

Mengapa Tes Alergi Sangat Penting Sebelum Mewarnai Rambut?

Pada dasarnya cat rambut aman untuk digunakan. Rata-rata produsen cat rambut sudah memberikan dosis dan komposisi bahan kimia yang aman bagi tubuh. Namun mengapa masih ditemui beberapa kasus orang yang mengalami alergi setelah mewarnai rambut? Yaitu karena beberapa orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Salah satunya yaitu kondisi tubuh yang memiliki kekebalan rendah terhadap bahan Paraphenylenediamine atau biasa disingkat PPD. Padahal bahan PPD ini hampir 70% produsen cat rambut menggunakanya. Sebenarnya tidak perlu menunggu hingga seseorang mengalami alergi kalau kita cukup bersabar untuk tes alergi terlebih dahulu. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan cat rambut tersebut pada kulit (banyak yang menyarankan di belakang telinga) dan menunggu setidaknya 2 hari atau 48 jam. Semakin lama semakin bagus karena beberapa orang bisa baru bereaksi alergi setelah 10 hari. Ciri-ciri seseorang mengalami alergi adalah munculnya kemerahan, gatal-gatal atau bengkak pada bag

Mengapa Cara Mengganti Popok untuk Bayi Perempuan Berbeda dengan Bayi Laki-Laki?

Banyak yang mengira kalau mengganti popok pada bayi itu sama saja. Eh, tunggu dulu! Jenis pakaian dan mainanya aja beda, masak perawatanya sama? Kalau popoknya mungkin sama. Tapi karena jenis kelaminya berbeda, maka bayi perempuan membutuhkan perawatan yang berbeda. Berikut adalah cara merawat bayi perempuan pada saat mengganti popoknya. Resiko Infeksi Bayi perempuan memiliki resiko pada gangguan infeksi saluran kemih dan berbagai masalah lainnya kalau tidak hati-hati dalam mengganti popok. Anatomi bayi perempuan berbeda dengan anatomi bayi laki-laki. Bayi perempuan memiliki sistem urin internal dan tidak terlindungi seperti pada bayi laki-laki. Maka dari itu kelamin bayi perempuan akan lebih rentan terhadap infeksi daripada bayi laki-laki. Intensitas Bayi perempuan membutuhkan pembersihan yang lebih sering daripada bayi laki-laki . Hal ini untuk mencegah infeksi pada alat kelaminya. Sembari mengganti popok bayi perempuan kita, bisa kita bersihka