Skip to main content

Tips dan Trik Membuat Benih Cabe Rawit

Tips dan Trik Membuat Benih Cabe Rawit

Sebagai salah satu bahan bumbu inti, budidaya tanaman cabe selalu menjadi pilihan banyak orang. Harganya pun termasuk yang paling stabil diantara jenis tanaman bumbu lain. Jarang sekali cabe mengalami penurunan harga yang drastis. Bahkan beberapa tahun lalu harganya sempat naik secara fantastis yang mengalahkan harga daging. Untuk itu budidaya cabe selalu menjadi primadona para petani.

Cabe rawit adalah salah satu jenis cabe yang banyak digemari orang. Cabe jenis ini memiliki cita rasa yang khas. Bentuk buahnya kecil namun rasa pedas yang dihasilkan mengalahkan rasa pedas dari cabe merah yang dijual di pasaran. Untuk itu penggunaan cabe rawit pada masakan tidak terlalu banyak, karena kadar pedas yang dikandungnya sudah cukup banyak.

Untuk membudidayakan tanaman cabe rawit, salah satu tekniknya bisa menggunakan teknik pembibitan. Untuk menghasilkan buah cabe rawit yang berkualitas baik maka dibutuhkan bibit cabe rawit yang baik. Selain bibit dari cabe rawit harus baik, teknik pembibitanya juga harus baik. Dengan teknik pembibitan cabe rawit yang baik maka dapat menghasilkan varietas unggul dari tanaman cabe rawit, berikut adalah cara membuat pembibitanya:

Tips dan Trik Membuat Benih Cabe Rawit

1. Pertama, hal ini mengenai pemilihan tanaman yang akan dijadikan pembibitan. Tanaman cabe yang akan dijadikan cikal bakal bibit cabe rawit dipilih dari tanaman yang baik dan sehat. Ciri dari tanaman cabe yang baik dan sehat adalah bentuk batang gemuk, tidak berpenyakit dan percabangan simetris, daun berwarna hijau segar tidak kuning atau layu, warna bunga cerah, pertumbuhanya paling cepat diantara yang lain, dan produksi buah tinggi dan stabil.

Tips dan Trik Membuat Benih Cabe Rawit


2. Perlakukan tanaman yang akan dijadikan pembibitan dengan perlakuan khusus. Tempatkan pada tempat yang berbeda untuk memudahkan dalam mengenalinya. Pisahkan dari tanaman cabe rawit yang lain yang sudah terserang hama dan penyakit. Beri pupuk dan sirami secara teratur. Pangkas semua batang dan daun yang sudah tua atau ada tanda-tanda terserang hama atau penyakit. Sebaiknya lakukan hal ini sebelum tanaman berbunga.

Tips dan Trik Membuat Benih Cabe RawitTips dan Trik Membuat Benih Cabe Rawit


3. Pilih buah cabe rawit yang sudah tua dan matang untuk kita ambil bijinya. Cirinya warnanya sudah menua atau merah tua. Petik buahnya kemudian sayat perlahan agar tidak merusak biji yang di dalamnya. Keluarkan semua biji dan bersihkan dari sisa daging cabe yang melekat. Rendam dalam air untuk memilih dan membuang biji cabe yang mengapung. Kalau perlu rendam dengan larutan insektisida Ridomil, Marshal dan zat pertumbuhan seperti Cruiser selama setidaknya 6 jam untuk hasil  yang lebi maksimal. Lalu keringkan tanpa menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.


Tips dan Trik Membuat Benih Cabe Rawit

4. Siapkan media tanam baik itu di dalam wadah polybag atau pot biasa. Beri pupuk kandang, sekam padi, arang atau bahan lain yang hampir serupa. Untuk perbandingan antara tanah dengan pupuk adalah 1:2. Namun jika menggunakan tiga unsur secara bersamaan, maka bisa dengan tanah, arang sekam dan pupuk kandang masing-masing 1:1:1. Penggunaan ketiga unsur tersebut sekaligus semakin memperkaya unsur hara dalam tanah, sehingga pertumbuhan bibit cabe rawit akan semakin baik. Setelah itu taburkan benih dan sedikit masukan ke dalam agar dapat meyatu dengan media tanam.


Tips dan Trik Membuat Benih Cabe Rawit

5. Ketika perkecambahan sudah terjadi, tunggu hingga minmal 21 hari sejak kecambah muncul. Baru setelah itu pindahkan ke lahan terbuka tanpa pot atau polybag.

Gimana? Mudah bukan? Langkah selanjutnya tinggal kamu rawat deh setiap harinya dengan mempupuk dan menyiraminya secara teratur. Selamat mencoba!


Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merebut Suami Orang

Suami orang lebih menarik? Kok kelihatanya enak banget ya kalau kita mempunyai suami seperti dia. Dia itu sudah ganteng, mapan, ramah lagi pada wanita. Wanita mana yang tidak tertarik coba? Sayangnya ada satu kendala untuk mendapatkan hatinya, yaitu istrinya. Maka kalau saya boleh berimajinasi, berikut adalah beberapa cara merebut suami orang ketika saya ingin jadi pelakor : Ketahui Kelemahan Istrinya Setiap orang pasti memiliki kekurangan dalam hidupnya. Maka kalau kita melihat ada wanita berparas cantik, seksi dan tubuhnya ideal, biasanya dia kurang pintar, tidak bisa memasak, pemalas dan sebagainya. Selalu ada kekurangan. Maka kalau ingin merebut suami orang, saya akan mencari dulu kelemahan dari si istri target saya. Lalu saya cari kelemahan itu yang kira-kira dapat saya atasi, atau menjadi kelebihan saya. Misalnya nih, istrinya target tidak pandai memasak, saya akan tunjukan kemampuan memasak saya di depan target. Kalau perlu kritik pedas masakan istrinya. H

Mengapa Tes Alergi Sangat Penting Sebelum Mewarnai Rambut?

Pada dasarnya cat rambut aman untuk digunakan. Rata-rata produsen cat rambut sudah memberikan dosis dan komposisi bahan kimia yang aman bagi tubuh. Namun mengapa masih ditemui beberapa kasus orang yang mengalami alergi setelah mewarnai rambut? Yaitu karena beberapa orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Salah satunya yaitu kondisi tubuh yang memiliki kekebalan rendah terhadap bahan Paraphenylenediamine atau biasa disingkat PPD. Padahal bahan PPD ini hampir 70% produsen cat rambut menggunakanya. Sebenarnya tidak perlu menunggu hingga seseorang mengalami alergi kalau kita cukup bersabar untuk tes alergi terlebih dahulu. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan cat rambut tersebut pada kulit (banyak yang menyarankan di belakang telinga) dan menunggu setidaknya 2 hari atau 48 jam. Semakin lama semakin bagus karena beberapa orang bisa baru bereaksi alergi setelah 10 hari. Ciri-ciri seseorang mengalami alergi adalah munculnya kemerahan, gatal-gatal atau bengkak pada bag

Mengapa Cara Mengganti Popok untuk Bayi Perempuan Berbeda dengan Bayi Laki-Laki?

Banyak yang mengira kalau mengganti popok pada bayi itu sama saja. Eh, tunggu dulu! Jenis pakaian dan mainanya aja beda, masak perawatanya sama? Kalau popoknya mungkin sama. Tapi karena jenis kelaminya berbeda, maka bayi perempuan membutuhkan perawatan yang berbeda. Berikut adalah cara merawat bayi perempuan pada saat mengganti popoknya. Resiko Infeksi Bayi perempuan memiliki resiko pada gangguan infeksi saluran kemih dan berbagai masalah lainnya kalau tidak hati-hati dalam mengganti popok. Anatomi bayi perempuan berbeda dengan anatomi bayi laki-laki. Bayi perempuan memiliki sistem urin internal dan tidak terlindungi seperti pada bayi laki-laki. Maka dari itu kelamin bayi perempuan akan lebih rentan terhadap infeksi daripada bayi laki-laki. Intensitas Bayi perempuan membutuhkan pembersihan yang lebih sering daripada bayi laki-laki . Hal ini untuk mencegah infeksi pada alat kelaminya. Sembari mengganti popok bayi perempuan kita, bisa kita bersihka